Saturday, September 29, 2007

Pengakuan Pendapatan (Revenue Recognition) dalam Akuntansi Syariah pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)

Kemarin siang ada sedikit diskusi saya dengan kolega, Manager Finance & Treasury untuk setting up pencatatan dan pelaporan keuangan unit usaha yang baru didirikan. Karena sudah terbiasa dengan cash basis yang dijalani sehari-hari melalui transaksi syariah, pada awalnya beliau sedikit agak kesulitan untuk menemukan logically bridging bagaimana menentukan pengakuan pendapatan dalam transaksi unit usaha yang berbeda klasifikasi dan perlakukan akuntansinya dengan jasa keuangan syariah. Namun setelah saya berikan sedikit penjelasan, prinsip cut-off, kesinambungan transaksi masa lalu serta masa depan dan kepentingan analisa maka kami menemukan titik simpul bahwa accrual basis akan diterapkan penggunaannya dalam revenue recognition pada unit usaha baru yang akan dirikan.

Apa yang kami lakukan setiap hari di Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Beringharjo Yogyakarta adalah memenuhi secara syariat atas segala aktivitas yang digelar dalam sendi ekonomi syariah. Pedoman yang kami gunakan untuk mengukur parameter ekonomis dituangkan dalam kerangka yang mengacu kepada syariat islam. Terutama bagi kita adalah penting mengetahui bagaimana cara perhitungan dan pengakuan pendapatan, yang selanjutnya akan masuk dalam proses distribusi pendapatan yang akan kita berikan sebagai bagi hasil (sebagai satu permisalan). Pola perhitungan pendapatan yang bagaimana yang harus dilalui oleh sebuah transaksi agar dapat memenuhi ketentuan sharia compliance akan kita kupas satu persatu di bawah ini.

Demikianlah penting bagi kita untuk mengklasifikasikan jenis transaksi apa saja yang dilakukan oleh lembaga berbasis ekonomi syariah. Ditarik ke belakang, jenis transaksi tentunya mengacu kepada akad yang disepakati di awal. Secara garis besar transaksi dalam perspektif eknomi syariah dibagi menjadi 2 yakni tabarru'/kebaikan (non profit transaction) dan tijarah/komersial (profit transaction). Transaksi dengan akad tabarru' adalah transaksi dimana kita tidak boleh mengambil manfaat/keuntungan/tambahan darinya. Sedangkan terhadap transaksi tijarah seperti jual beli, sewa, atau sewa beli kita diperkenankan untuk mengambil keuntungan dari transaksi tersebut dalam bentuk margin. Sedangkan terhadap transaksi usaha atau investasi, kita diperkenankan untuk mengambil keuntungan dari transaksi tersebut dengan pola bagi hasil. Agar lebih spesifik, maka pendalaman selanjutnya dari diskusi kita kali ini akan diarahkan kepada pembahasan kepada transaksi-transaksi tijarah. Keuntungan berdasarkan transaksi tijarah dapat diambil dari dua pola, yakni pola margin dan pola bagi hasil. Pola margin dapat diterapkan kepada akad murabahah (jual beli), akad ijarah (sewa), dan akan ijaroh muntahiya bi tamlik (sewa beli). Sedangkan pola bagi hasil dapat diwujudkan dari transaksi yang mempergunakan akad musyarokah, mudharabah, musytarokah, muzara'ah, dan musaqah. Prinsip musyarokah mengambil porsi lebih dari 99% dibandingkan dengan prinsip akad bagi hasil lainnya.

  • Murabahah
Adalah jual beli barang dengan harga pokok yang ditambah dengan tingkat keuntungan tertentu yang disepakati. Lembaga dalam hal ini diposisikan sebagai penjual sedangkan nasabah diposisikan sebagai pembeli. Penjual harus memberitahukan kepada pembeli berapa harga pokok barang yang akan dijual tersebut. Kemudian atas harga pokok tersebut penjual meminta keuntungan dalam jumlah tertentu yang dapat melalui proses tawar menawar dan disepakati sebagai sebuah tingkat margin. Murabahah dapat dilakukan dengan prinsip tunai, prinsip angsuran, atau prinsip jatuh tempo. Sebagian besar murabahah dilakukan melalui prinsip pesanan walaupun tidak menutup kemungkinan adanya jual beli tanpa didasarkan atas pesanan. Hal ini terjadi karena pada dasarnya KJKS bukan sebagai produsen barang, namun lebih bersifat sebagai pedagang yang harus mencarikan barang pesanan tersebut kepada para produsen atau supplier yang biasanya memproduksi atau menjual barang tersebut terhadap pesanan yang diminta oleh nasabah. Jamak pula diterapkan bahwa penjual dalam hal ini KJKS dapat meminta adanya uang muka dari pembeli. Tidak dimungkiri adanya standar keuntungan dalam tingkat tertentu yang didasarkan terhadap target yang harus dicapai, namun demikian hal tersebut merupakan langkah masyruk yang diperbolehkan dalam syariat Islam.
Satu contoh transaksi murabahah coba kita kupas di sini. Pak Adnan berencana untuk membeli sebuah Laptop seharga Rp 5.000.000,-. Beliau telah mencatat spesifikasi laptop yang diinginkan melalui sebuah pameran yang dilihatnya. Atas pesanan tersebut BMT melakukan pembelian tunai kepada penjual laptop seharga Rp 5.000.000,-. BMT kemudian mengkomunikasikan harga beli tersebut kepada mitra, dan menginformasikan tingkat keuntungan yang diminta yakni sebesar Rp 1.200.000 dengan demikian harga jual laptop tersebut dari BMT kepada mitra adalah Rp 6.200.000,-. Kedua belah pihak bersepakat bahwa mitra akan melakukan pembayaran secara angsuran selama 12 bulan. Pencatatan yang dilakukan terhadap transaksi tersebut pada langkah pertama BMT harus membukukan Persediaan Barang Murabahah Rp 5.000.000,- terhadap Kas atas pembelian laptop yang dilakukannya kepada vendor laptop. Kemudian atas transaksi pembiayaannya, BMT mendebetkan rekening Piutang Murabahah sebesar Rp 6.200.000,- terhadap rekening kredit Persediaan Barang Murabahah Rp 5.000.000,- dan Pendapatan Murabahah Rp 1.200.000,-. Titik yang paling penting dalam pengakuan pendapatan dalam transaksi murabahah ini adalah bahwa secara syar'i pengakuan pendapatan sebesar Rp 1.200.000,- sudah dapat dan diperkenankan untuk dilakukan. Secara syar'i pula terjadi proses pembelian dan penjualan barang yang dilakukan oleh BMT. Angka keuntungan diperoleh bukan merupakan cerminan dari ziyadah (riba yang dipertambahkan atas harga pokok pembelian barang). Secara ketentuan syariat, bahwa harga Rp 6.200.000 harus dibayar secara penuh sehingga dengan demikian Rp 1.200.000 sudah dapat dipastikan, diakui, dan dicatat sebagai Pendapatan Murabahah. Piutang Murabahah tersebut diangsur selama 12 bulan dengan besar cicilan per bulannya Rp 517.000,-

Ijarah
Selain murabahah transaksi tijaroh yang mendapatkan keuntungan dengan pola margin adalah Ijaroh. Ijaroh adalah transaksi sewa di mana pihak BMT adalah pihak yang menyewakan sedangkan mitra dalam hal ini adalah pihak yang menyewa. Transaksi ijaroh dapat diwujudkan dalam 2 hal yakni ijaroh terhadap barang dan sewa atau jasa dan upah. Transaksi dalam sewa rumah atau sewa kantor dapat dikategorikan sebagai Ijaroh terhadap barang. Sedangkan biaya pengobatan, biaya pendidikan, atau biaya pernikahan dapat dikelompokkan sebagai transaksi Ijaroh Jasa. Contoh dapat kita kupas di sini, bahwa Pak Andri membutuhkan biaya pendidikan untuk memasukkan anaknya ke perguruan tinggi. Total biaya yang harus dikeluarkan senilai Rp 10.200.000,- hal ini dapat dilihat dari rincian tagihan pembayaran yang dikeluarkan oleh bagian akademik. Pak Andri mengajukan pembiayaan ke BMT dengan kesanggupan angsuran selama 12 bulan. Terhadap pembiayaan tersebut, BMT meminta ujrah (fee) sebesar Rp 1.224.000,- dengan demikian total yang harus dibayarkan oleh Pak Andri sebesar Rp 11.424.000,-. Nilai tersebut akan diangsur selama 12 bulan sehingga besarnya angsuran per bulan adalah Rp 952.000,-. Kali pertama pencatatan dilakukan terhadap pembayaran yang dilakukan oleh BMT kepada bagian akademik dengan pembukuan Aktiva Ijaroh terhadap Kas senilai Rp 10.200.000,-. Kemudian pada saat pencairan pembiayaan pencatatan yang dibuat oleh BMT adalah Piutang Ijaroh Jasa sebesar Rp 11.424.000,- terhadap Aktiva Ijaroh sebesar Rp 10.200.000,- dan Pendapatan Ijaroh sebesar Rp 1.224.000,-. Atas fee yang diminta yakni sebesar Rp 1.224.000,- BMT sudah dapat mengakuinya sebagai pendapatan karena sifatnya sudah pasti harus diterima.

Transaksi ketiga dari konsep Tijaroh dengan keuntungan berbasis margin adalah Ijaroh Muntahiya Bit Tamlik (IMBT). Transaksi tersebut hampir sama dan merupakan turunan dari Ijaroh dan Murabahah, namun perbedaan terletak pada hak kepemilikan barang. Ijaroh tidak disertai dengan berpindahnya hak kepemilikan barang, sedangkan Murabahah pemindahan hak kepemilikan barang dilakukan di awal. Namun tidak halnya dengan IMBT, bahwa di IMBT terdapat pengalihan hak kepemilikan yang mana hak kepemilikan tersebut baru berpindah setelah seluruh angsuran selesai dibayarkan. Secara fiqh, Murabahah dan Ijaroh menafikan keadaan finansial mitra, sehingga dalam keadaan apapun mitra atau nasabah harus tetap membayar angsuran pokok dan angsuran margin. Secara syar'i memang demikian adanya, karena itulah prinsip jual beli dan sewa. Pemikiran itulah yang akhirnya mendasari mengapa revenue recognition untuk akad Murabahah dan Ijaroh sudah dapat diakui, dicatat dan dibukukan di awal periode. Nilai angsuran yang dibayar tiap bulan terdiri dari komponen angsuran pokok dan angsuran margin dimana angsuran margin berasal dari total keuntungan yang disepakati di awal dibagi dengan jumlah bulan kesediaan untuk mengangsur.

Musyarokah
Bertolak belakang dengan pengakuan pendapatan dengan basis margin, maka pengakuan pendapatan dengan pola bagi hasil tidak diperkenankan ditentukan di awal. Musyarokah adalah transaksi dengan pola keuntungan bagi hasil yang paling banyak dipergunakan oleh lembaga kami. Musyarokah secara sederhana dapat diartikan sebagai penyertaan modal kepada usaha yang sudah berjalan. Pelaku usaha juga dipersyaratkan untuk memiliki modal sendiri selain diposisikan juga sebagai pengelolanya. Musyarokah tidak memperkenankan adanya pengakuan pendapatan di awal periode. Sifat dari musyarokah yang melekat bahwa setiap usaha pasti mempunyai risiko adalah hal yang mendasari hal tersebut. Yang ditetapkan di awal periode hanyalah sebatas nisbahnya saja (dalam satuan prosen). Sedangkan proses distribusi pendapatan diberikan sesuai dengan nisbah yang dikalikan dengan sisa hasil usaha. Yang dapat dipastikan dibayar tiap bulan adalah angsuran pokoknya saja. Dalam skema musyarokah tidak dikenal adanya angsuran margin, tidak dikenal pula adanya angsuran bagi hasil karena pada dasarnya bagi hasil yang diberikan kepada peserta musyarokah berfluktuatif tergantung sisa hasil usaha yang diperoleh. Sebagai contoh, Pak Radit mengambil fasilitas pembiayaan Musyarokah di BMT Beringharjo senilai Rp 6.000.000,- dengan pengembalian pokok bulanan selama jangka waktu 24 bulan. Nisbah yang disepakati adalah 75:25 yakni 75% dari sisa hasil usaha diperuntukkan bagi Pak Radit sedangkan 25% sisanya diberikan untuk BMT Beringharjo. Dari transaksi tersebut yang dicatat di awal pembukuan hanya Pembiayaan Musyarokah terhadap Kas sebesar Rp 6.000.000,- sehingga tampak perbedaannya dengan pencatatan pembukuan dengan konsep margin dimana di awal pencatatan sudah dapat dibukukan Pendapatan Murabahah atau Pendapatan Ijaroh. Tiap bulan Pak Radit berkewajiban untuk melakukan angsuran pokok sebesar Rp 250.000,- dan memberikan bagi hasil kepada BMT Beringharjo sebesar 25% dari keuntungan pendapatan modal yang diikutsertakan oleh BMT Beringharjo.

Tampak jelas perbedaan pengakuan pendapatan dari masing-masing akad yang disepakati. Bagi konsep keuntungan berdasarkan margin (Ijaroh dan Murabahah) berlaku prinsip Accrual Basis dimana pendapatan dicatat dan dibukukan pada saat jasa, manfaat, atau barang diserahkan. Nilai keuntungan sudah dapat dipastikan di awal, sedangkan angsuran bulanan merupakan perwakilan dari cara pembayarannya. Namun demikian tidak halnya dengan Musyarokah yang harus berlaku prinsip Cash Basis. Bagi Musyarokah yang menganut keuntungan berdasarkan bagi hasil adalah tidak mungkin untuk mencatat keuntungan di awal karena tidak ada kepastian jumlah yang harus dicatat dan memang tidak boleh memastikan terhadap keuntungan yang akan diraih. Kiranya memang demikian yang lebih adil bagi konsep usaha karena sifat yang lebih adil dan mencerminkan pembagian risiko yang lebih proporsional antara pemilik dana.

17 comments:

Anonymous said...

pak/mas?
kalo pengakuan pendpatan pada rawat inap rumah sakit swasta bagaimana
kalo gak salah berhubungan dengan psak 23 dan 45 yah
tapi RS Swasta kan profit oriented juga
gimana donk?
tengQ

ninaulya.com said...

pak, aku kok masih bingung pada konsep tijarah ya...
bapak bilang kalo fee sudah bisa diakui sebagai pendapatan karena pasti diterima...
artinya, itu langsung mempengaruhi pendapatan, sehingga masuk komponen laba/rugi...of course mempengaruhi distribusi bagi hasil simpanan ya?
sedangkan uangnya kan belum diterima per-cash to?
ninaulya@gmail.com

Anonymous said...

Good day !.
You may , probably curious to know how one can manage to receive high yields .
There is no initial capital needed You may commense to get income with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you need
The firm incorporates an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

Its head office is in Panama with offices around the world.
Do you want to become an affluent person?
That`s your chance That`s what you really need!

I`m happy and lucky, I began to take up income with the help of this company,
and I invite you to do the same. It`s all about how to choose a proper companion utilizes your funds in a right way - that`s it!.
I earn US$2,000 per day, and my first deposit was 1 grand only!
It`s easy to join , just click this link http://edefiwyk.fcpages.com/ohuxih.html
and lucky you`re! Let`s take this option together to become rich

Anonymous said...

Hi !.
You re, I guess , perhaps curious to know how one can collect a huge starting capital .
There is no need to invest much at first. You may start earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you haven`t ever dreamt of such a chance to become rich
AimTrust represents an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

It is based in Panama with affiliates around the world.
Do you want to become really rich in short time?
That`s your choice That`s what you wish in the long run!

I feel good, I started to get income with the help of this company,
and I invite you to do the same. If it gets down to choose a correct partner who uses your money in a right way - that`s it!.
I make 2G daily, and my first deposit was 1 grand only!
It`s easy to start , just click this link http://javilybago.uvoweb.net/ymeqiky.html
and lucky you`re! Let`s take our chance together to get rid of nastiness of the life

Anonymous said...

Hi !.
might , perhaps curious to know how one can manage to receive high yields .
There is no need to invest much at first. You may begin earning with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you need
AimTrust incorporates an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

It is based in Panama with affiliates everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
Do you want to become a happy investor?
That`s your choice That`s what you wish in the long run!

I`m happy and lucky, I started to get real money with the help of this company,
and I invite you to do the same. If it gets down to choose a correct partner who uses your funds in a right way - that`s it!.
I earn US$2,000 per day, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
It`s easy to start , just click this link http://jidatagug.uvoweb.net/gujiqehy.html
and lucky you`re! Let`s take our chance together to become rich

Anonymous said...

Good day !.
You may , perhaps curious to know how one can reach 2000 per day of income .
There is no initial capital needed You may commense to get income with as small sum of money as 20-100 dollars.

AimTrust is what you haven`t ever dreamt of such a chance to become rich
AimTrust incorporates an offshore structure with advanced asset management technologies in production and delivery of pipes for oil and gas.

Its head office is in Panama with affiliates everywhere: In USA, Canada, Cyprus.
Do you want to become a happy investor?
That`s your chance That`s what you desire!

I feel good, I began to get real money with the help of this company,
and I invite you to do the same. It`s all about how to select a correct companion utilizes your savings in a right way - that`s it!.
I make 2G daily, and what I started with was a funny sum of 500 bucks!
It`s easy to start , just click this link http://ykyticumec.easyfreehosting.com/irupaty.html
and go! Let`s take this option together to feel the smell of real money

Anonymous said...

Good day, sun shines!
There have been times of hardship when I didn't know about opportunities of getting high yields on investments. I was a dump and downright stupid person.
I have never imagined that there weren't any need in large starting capital.
Now, I feel good, I begin take up real money.
It gets down to select a correct partner who utilizes your funds in a right way - that is incorporate it in real deals, parts and divides the income with me.

You may ask, if there are such firms? I'm obliged to answer the truth, YES, there are. Please get to know about one of them:
[url=http://theblogmoney.com] Online investment blog[/url]

Anonymous said...

Good day, sun shines!
There have were times of troubles when I didn't know about opportunities of getting high yields on investments. I was a dump and downright pessimistic person.
I have never imagined that there weren't any need in large initial investment.
Nowadays, I feel good, I started to get real money.
It gets down to select a proper companion who utilizes your money in a right way - that is incorporate it in real business, and shares the income with me.

You may get interested, if there are such firms? I'm obliged to answer the truth, YES, there are. Please get to know about one of them:
http://theblogmoney.com

Anonymous said...

Good day, sun shines!
There have were times of hardship when I felt unhappy missing knowledge about opportunities of getting high yields on investments. I was a dump and downright stupid person.
I have never imagined that there weren't any need in big initial investment.
Nowadays, I'm happy and lucky , I begin to get real money.
It gets down to choose a proper partner who uses your money in a right way - that is incorporate it in real business, parts and divides the income with me.

You can ask, if there are such firms? I'm obliged to tell the truth, YES, there are. Please be informed of one of them:
http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]

Anonymous said...

Hi!
You may probably be very curious to know how one can manage to receive high yields on investments.
There is no need to invest much at first.
You may commense earning with a money that usually goes
on daily food, that's 20-100 dollars.
I have been participating in one project for several years,
and I'm ready to share my secrets at my blog.

Please visit my pages and send me private message to get the info.

P.S. I earn 1000-2000 per day now.

http://theinvestblog.com [url=http://theinvestblog.com]Online Investment Blog[/url]

Anonymous said...

Hi everybody!

Let me introduce myself,
my name is Peter.
Generally I’m a venturesome analyst. recently I take a great interest in online-casino and poker.
Not long time ago I started my own blog, where I describe my virtual adventures.
Probably, it will be interesting for you to read my notes.
Please visit my web site. http://allbestcasino.com I’ll be interested on your opinion..

Anonymous said...

Glad to greet you, ladies and gentlemen!

We are not acquainted yet? It’s easy to fix,
my parents call me Peter.
Generally I’m a venturesome gambler. recently I take a great interest in online-casino and poker.
Not long time ago I started my own blog, where I describe my virtual adventures.
Probably, it will be interesting for you to read my travel notes and reports about winnings and losses on this way.
Please visit my web site. http://allbestcasino.com I’ll be glad would you find time to leave your comments.

Anonymous said...

Sangat posting baik.

jasa ekspedisi said...

mampir nich dari Jaksel...
saya suka blog anda
salam

Anonymous said...

gestures dating http://loveepicentre.com/faq/ vegetarian dating madison wi
australia dating bank deposit [url=http://loveepicentre.com/testimonials/]dating service vancouver[/url] who is ethan hawke dating
regina kings dating who [url=http://loveepicentre.com/]does the bible address interracial dating[/url] am i dating a cuck [url=http://loveepicentre.com/user/natureboyz/]natureboyz[/url] free online dating in europe

Anonymous said...

sex dating in hillside illinois http://loveepicentre.com/faq/ australia newcastle dating
attraction dating tips young girls [url=http://loveepicentre.com/map/]sex dating in monmouth illinois[/url] cathy hibdon dating
who is stork dating pickler photo [url=http://loveepicentre.com/map/]100 free dating uk[/url] black dating web site [url=http://loveepicentre.com/user/moorejoy007/]moorejoy007[/url] gestures dating

Anonymous said...

dating violence canada http://loveepicentre.com free online chat rooms for dating
speed dating in massillon ohio [url=http://loveepicentre.com]christian dating portland service[/url] christian bbw dating
online dating site with chating [url=http://loveepicentre.com/success_stories/]who is fergie dating[/url] dating click x [url=http://loveepicentre.com/user/babyan24/]babyan24[/url] gay dating sites in netherland

Template Designed by Douglas Bowman - Updated to New Blogger by: Blogger Team
Modified for 3-Column Layout by Hoctro